Monday, 12 July 2010

Untuk Para Orangtua...

   Anda harus bersyukur anak Anda masih bercerita tentang harinya kepada Anda. Anda harus bersyukur anak Anda masih mempercayai Anda untuk mendengarkan ceritanya. Karena seiring dengan bertambah umurnya, seiring dengan berjalannya waktu, rasa percayanya pada orangtua akan pelan-pelan memudar. Mungkin tidak seluruhnya, tapi dia tidak akan terus-terusan berserita seperti ketika dia masih kecil dulu. Dia hanya akan bercerita tentang hal-hal yang dianggapnya 'aman untuk diceritakan'.
   Anak-anak akan semakin banyak merahasiakan hal-hal yang dialaminya seiring dengan pertumbuhan mereka. Mereka menjadi semakin tertutup. Mereka lebih percaya untuk menceritakan semuanya pada temannya. Jarang ada anak berumur 15 tahun yang memberitahu orangtuanya semua yang dilakukannya seharian. Dia tidak akan seperti ketika dia masih menjadi anak TK dulu, menceritakan segalanya pada orangtuanya, mulai dari apa yang dilihatnya saat memasuki halaman sekolah, sampai apa saja yang dikatakan teman-temannya padanya, secara rinci.
   Jadi, para orangtua harus sangat bersyukur anak-anaknya yang beranjak remaja masih bercerita dan memberi laporan apa saja yang terjadi di sekolah hari itu. Karena, itu berarti, mereka masih mempercayai Anda...


               Maaf, bagi yang merasa tulisna saya ini kurang berkenan, silakan menghubungi saya. Lewat e-mail bisa, lewat komentar juga bisa.

0 Komentar:

Post a Comment